Sunday, January 03, 2010

Home Made Onion Rings

Grilled Chicken & Onion Rings

Rencananya mau bikin mash potato semalam untuk side dish ayam panggang, eh kok masih ada bawang bombay 2 di kulkas. Satu baru kepake 1/2, satunya lagi masih utuh. Belinya dah seminggu yang lalu, dari pada kisrut bikin onion rings deh.

Bahan dan membuatnya simple kok, cepat ngebuatnya tapi kudu rela sedikit blepotan tangannya.

Bahan-bahan:

4 sdm tepung maizena
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 paket remah roti (breadcrumbs)
1 gelas air panas

Let's get cooking!!

Campur tepung maizena dengan air panas dalam mangkok kecil. Tepung maizena adalah tepung yang amat sangat cepat menjadi lengket dan keras, jadi jangan khawatir jika ngasih kebanyakan air, nanti dia akan mengental dan lengket dengan sendirinya. Siapkan remah roti dalam satu wadah tersendiri.

Potong bawang bombai dari samping sehingga bentuk tetap bulat. Iris besar-besar dan pisahkan tiap lapisan. satu lapisan bisa menjadi 1 onion ring sendiri. Pastikan irisan tidak terlalu tipis karena saat digoreng bawang akan melemah kekuatannya sehingga tidak patah.

Celupkan potongan bawang ke adonan maizena dan gulingkan dalam remah roti. Lakukan hingga semua irisan bawang habis. Yup, use your hands and get dirty.

Making Onion Rings

Panaskan 50-100ml atau lebih minyak dalam penggorengan (tergantung ukuran penggorengan). Usahakan tinggi minyak cukup untuk mencelup 1/2 dari ketinggian irisan bawang. Gunakan sumpit kayu untuk memasak agar onion ring tidak hancur saat dibalik.

Making Onion Rings

Kecilkan api lalu masukkan onion ring kedalam minyak panas, 1 menit tiap sisinya. Angkat saat warna sudah kecoklatan. Jangan dimasak terlalu lama. Keringkan minyak, tidak perlu menggunakan kitchen paper atau koran karena tepung maizena cukup bagus untuk menolak resapan minyak sehingga onion ring cepat kering.

Making Onion Rings

Mantap untuk jadi side dish atau sebagai snack. Selamat mencoba :-D

7 comments:

SiswiBundAnin said...

trnyata gampang bgt ya. tp lg ga pny stok bread crump ni. adanya tepung roti yg halus :p

Unknown said...

makasi Mas CM, tapi hehehe.. masaknya satu-persatu ya.. ini mah musti sabar bin tekun.. mudah2an ogud bisa niru ketabahan Mas CM ini..
sekali lagi makasi resepnya yaa..

Chandra Marsono™ said...

@Ncis: Bread crumbs banyak kok di supermarket, ada yg merk Kobe atau yang kaluaran Hero. Gak susah nyarinya.

@Budhe Kiki: Bisa sih langsung dimasukin semua, tapi ya nempel semua, tepung soalnya hehehehe...

Unknown said...

jadi remah roti gak bisa diganti dengan tepung roti ya mas?

Chandra Marsono™ said...

remah roti sama tepung roti mah beda atuh neng. Remah roti ya roti yang sudah jadi dikeringkan dan dihancurkan. Coba masukkan roti tawar ke oven sampai coklat (jangan gosong) lalu hancurkan, same result.

Noora's mom said...

Tadi pagi suami juga bikin onion ring, tapi pake red onion, bukan bawang bombay. Dan batter nya ditambah curry powder and paprika powder, biar agak hot. Cuma tadi nggak pake bread crumps, jadi kurang crispy. I'll remember that next time we make this dish :D. Thanks for the recipe!

Chandra Marsono™ said...

Wah belum pernah tuh nyobain pake bawang merah besar, jarang sih di supermarket, tapi pasti rasanya jadi gurih. Boleh juga tuh coba pake curry powder, thanks for the input.