Thursday, October 19, 2006

Creme du Brocoli (Brokoli saus putih)

Salah satu bahan makanan misterius (jadi mirip Iron Chef nih) dalam belanjaan nyokap gue adalah: Brokoli. Waduh, gue bikin apaan nih??!?
Gue pesen kol, malah dibeliin brokoli. Kacau nih.

Jeleknya brokoli, dia tuh ada rasa pahitnya sedikit. Ga sepahit pare, cuma kalo ditumis brokoli tuh ga enak (menurut gue, pada bilang brokoli tuh enak, tapi kalo enak, kenapa anak-anak kecil kaga' demen hayo??!?).

Akhirnya aku coba ganti masak Brokoli seperti masak creame of Asparagus. Hasilnya lumayan... Habis dimakan, dan rasa pahit vegetablenya ngga' terasa sedikitpun. Sama girangnya sama masak sop kambing yang ga bau kambing.
Lets get the ingredients, here's what you need:
  1. 2 kembang brokoli (yg masih bulet gitu maksud gue). Cabutin semua brokolinya dan buang pangkalnya.
  2. 2 cangkir susu
  3. 2 sdm saus tiram
  4. 2 sdm minyak wijen (baru inget kalo sesame tuh wijen)
  5. 1 sdt gula pasir
  6. 1 sdm kaldu ayam
  7. 2 kuning telur
  8. 2 sdm tepung maizena campur denga 1 cangkir kecil air panas
  9. 1/2 siung bawang putih, haluskan
  10. Lada putih sesukanya
  11. 1 sdm mentega/keju (optional banget, ngga harus pakai)

Ok, let's start cooking!

  1. Sudah pasti, wok wajib panas dan masukkan 1sdm minyak goreng.
  2. tumis bawang putih bersama dengan brokoli kurang lebih 1 menit
  3. Tambahkan susu putih dan kaldu ayam, gula pasir, minyak wijen dan saus tiram.
  4. Tambahkan lada putih, dan masukkan tepung maizena yg dicampur air hangat. aduk hingga kental. Masukkan kuning telur dikit demi sedikit dan aduk hingga merata.
  5. Hidangkan panas-panas.

Oh ya, soal cheese atau mentega, panaskan sampai meleleh, lalu taruh diatas brokoli yg sudah jadi. Untuk yang digambar, aku ga pake sih. Enjoy!

7 comments:

Unknown said...

Mungkin loe masak brokoli nggak dipakein sejumput garam, pas direbus. Dgn sejumput garam itu, manis alami brokoli muncul dan gak ada rasa pahitnya sama sekali. Soalnya gue demen bgt ngegadoin brokoli rebus.

Chandra Marsono™ said...

Please explain... sejumput tuh seberapa ya?? bedanya sama secuil atau sepites? Terlalu banyak Istilah kita orang Indonesia tuh...

Unknown said...

Sejumput itu adalah mengambil sesuatu dengan hanya seujung jari doang, dengan cara menyatukan ibu jari & jari telunjuk, seperti mencubit kecil.

Chandra Marsono™ said...

duh, kalo dicubit sakit dong... kasian garemnya dicubit-cubit, ntar pada merah-merah... hehehe :p

Syanti Dewi said...

mampir... duh bravo deh buat chef-nya..
cumi goreng menteganya bikin ngiler nih...

Chandra Marsono™ said...

Thank you Shanti. Stop by anytime.

Lala said...

wew..nyummy bgt tuuh..