Tuesday, August 29, 2006

Orange Chicken

Dulu waktu kuliah di Belanda, aku suka banget makan di restoran "Charlie Chiu" di stasiun trem. Salah satu menu favorit adalah Orange Duck. Saking sukanya, aku sampai berteman dengan koki restoran itu (yg kebetulan juga cantik... hehehehe) dan dapat deh aku resepnya.
Karena daging bebek susah masaknya, aku substitute dengan ayam. Aku udah lama ngga' buat hidangan ini, mungkin minggu-minggu ini akan coba kalo ada waktu.



Let's Get Started!!
Untuk hidangan ini, kamu butuh:
1 sdt minyak wijen
1 irisan ginger (ginger tuh lengkoas apa jahe ya?? lupa bahasa Indonesianya)
1 dada ayam tanpa tulang
1 gelas orange juice/lemon juice
1/4 gelas madu
2 sdm kecap asin
2 sdm tepung jagung (maizena)
1 sdm mustard (itu tuh yg kuning di hotdog, temennya saos tomat)
1 buah jeruk atau lemon
1 cangkir baking soda

Let's Start Cookin!
Pakai celemeknya ibu-ibu... yak mulai!


  1. Pertama, masukkan baking soda dan 250ml air panas ke dalam satu mangkok. Silahkan tambah kulit jeruk dan royco kalau mau. Celupin ayam dan tutup mangkok dengan cling foil. Biarin 1 jam.
  2. Next, jeruk atau lemon diiris 2mm bulet-bulet.
  3. Siapkan saus. Campur orange juice, madu, kecap asin, tepung maizena dan mustard. Aduk hingga kental.
  4. Siapin Wok. Potong ayam jadi dadu atau fillet. Goreng ginger (masih lupa nih namanya apa) selama 30 detik dan masukkan potongan ayam. Masak sampai 1/2 matang
  5. Masukkan saus kedalam wok bersama ayam dan masak hingga kental.
  6. Masukan 1/2 dari potongan jeruk dan biarkan sebentar, lalu angkat.
  7. Taruh sisa potongan jeruk diatas piring dan taruh masakan diatasnya.
  8. Makan deh!

BONUS!!!!
Also known as the "Astrid Hapsari Touch", an Indonesian Warrior Princess stuck in the jungles of Canada, beliau menyarankan daging ayam digulir tepung panir atau tempung tempura dan digoreng 5 menit. Must try it this way. Thanks Astrid!!

7 comments:

Utami PInjung Sari said...

Kak Chandra gak salah tuh satu cangkir baking soda banyak amaat?

Chandra Marsono™ said...

Biar empuuuuuuuk banget...

Anonymous said...

Halo...nama saya Vita, dan saya tinggal di Amerika. Lagi meliat2 resep2 indonesia online dan ketemu blog anda. Great one!
Dan ginger itu jahe, dan kalau lengkoas itu galangal. :)
Great recipes!

Chandra Marsono™ said...

Thanks Vita... Finally, someone who appriciates my work.. hehehehe (besar kepala deh gue)

Please come back for more outrageous cooking ideas.

Anonymous said...

wakakakaka... busedd.. kayaknya gue tarzan bener yah.. he he he.. glad to share some experience the jungle teaches me for the kitchen department, chan..

Budi Sutomo, S.Pd said...

blognya bermanfaat luar dalam, maksunya enak dan ngenyangin.

Anonymous said...

buat bung chandra, tulisan anda enak dibaca (fun), membuat saya jadi ingin mencoba masak. Salam kenal.

J.Petrus