Wednesday, August 02, 2006

Sapo Tahu ala Chandra

Ok, dikarenakan permintaan yang begitu besar, akhirnya saya melepas resep andalan saya ini.

Yang owe olang butuh:
  1. 1 buah Wok. Enakan yang Teflon.
  2. 3 sdm minyak goreng (wajib)
  3. 3 sdm minyak wijen (wajib)
  4. 2 sdm saus tiram (wajib)
  5. 2 sdt kecap asin (wajib)
  6. 100gr tepung maizena super halus (wajib)
  7. 1 s/d 2 roll tahu jepang atau tahu sutra (wajib banget, namanya juga masakan tahu). Potong bulat 1/2 cm.
  8. Jamur Shitake secukupnya. Diiris tipis-tipis, rendam 5 menit di air gula diatas api kecil, tiris.
  9. 1 batch sawi/kailan. Jangan dipotong.
  10. 3 batang daun bawang (wajib). Iris sekitar 3cm.
  11. 1/2 bawang bombay. Diurai.
  12. Jahe secukupnya
  13. 3 siung bawang putih. Cincang halus.
  14. 1 sdt lada
  15. 1/4 sdt garam
  16. 250ml air kaldu ayam/udang dicampur 1sdm tepung maizena.

Yuk kita masak! Pakai celemeknya!

  1. Tahu yang sudah diiris tadi diguling-guling diatas tepung maizena. Goreng hingga kuning rada coklat (Awas, jangan sampai kering).
  2. Panaskan Wok, tumis bawang putih hingga harum. Tambahin jahe, kecap asin, garam, lada dan aduk rata kurang lebih 2 menit.
  3. Masukin jamur shitake yg sudah 1/2 matang, sawi, daun bawang, dan air kaldu yang sudah dicampur 1 sdm tepung maizena. Aduk dan biarin mendidih dan air turun sekitar 2mm (kalo sempet ngukur), lalu masukkan saos tiram dan minyak wijen.
  4. Kalo sudah mendidih dan kental (kalo belum kental, tambahin lagi tepung maizenanya, tapi jangan sampai kebanyakan), masukkan tahunya. Masak 1 menit dan angkat.
  5. Enjoy!

Boleh ditambah potongan daging ayam, udang atau lainnya.

5 comments:

amicatz said...

Uhuuy! akhirnya di posting juga resep andalannya! gituuu dong.. kita2 jangan dikasih resep yang bikin diare mulu...
Thanks ya Kak Chandra!

astri said...

Chandra sih kalo masak enak, yang bikin diare tuh kalo liat mukanya...

Chandra Marsono™ said...

Nah, trus kenapa dulu mau jadi pacar gue? Setau gue selama itu loe sehat-sehat aja kok, berbinar malah kalo liat tampang gue yang mirip Brad Pitt dilihat dari Monas ngadep ke matahari terbit.

Awas ya kalo tau-tau namu trus minta dimasakin, ntar gue kasih merica 2 kilo. :-p

ada deh said...

makasih om chandra, kebetulan saya lagi bigung nih mau masak apa buat temen2...thx...megingatkan daku pada masakan rumah nyokap nun jauh di sana..hix...

Nadia Fithriani (Bioter) said...

Wah, Mas Chandra, lagi cari2 info tentang sapo tahu nge-link-nya kok bisa kesini ya... hehehe... siiipp... TAr dicoba ah resepnya...